Wednesday, May 22, 2013

5 Jenis Soto Khas Di Indonesia

Berbagai Jenis Soto Di Indonesia - Indonesia ternyata memiliki beragam jenis kuliner yeng tersebar dari Sabang hingga Marauke yang tentunya unik, lezat dan juga memiliki ciri khas. Misalnya saja Soto, hampir di seluruh indonesia memiliki jenis soto yang berbeda. Dan uniknya, meskipun hanya dikenal dengan nama soto, masakan yang berkuah ini mempunyai banyak perbedaan yang ada, mulai dari jenis, isi, kuah hingga cara untuk di sajikan.

Waktu yang tepat untuk menikmati soto ialah pada saat soto ini masih hangat. Sebelum anda mencampurkan semua bahan pelengkap seperti sambal, kecap dan jeruk nipis, Anda juga perlu mencoba kuahnya dahulu. Dengan demikian Anda pasti akan menikmati rasa yang original dari rempah-rempah soto yang tentu saja akan membangkitkan selera makan Kita.

Berikut Adalah Beberapa Macam Soto yang Ada di Indonesia

  • Soto Betawi Khas Dengan Susu Murni
Soto Betawi
Soto Betawi
Masakan dengan kuah yang keruh ini ternyata menjadi icon dari makanan khas Jakarta. Ciri yang khas dari soto ini adalah terletak pada kuah yang digunakan di soto betawi karena terbuat dari susu murni. Akan tetapi karena harga susu saat ini cukup mahal, biasanya para penjual Soto Betawi, kuah soto Betawi di beri sedikit tambahan santan kelapa. Dan sebagai isian Soto biasanya penjual lebih sering menggunakan isian daging sapi, kaki dan jeroan Sapi.
  • Soto Madura yang Gurih
Soto Madura
Soto Madura
Jenis soto yang satu ini sebenarnya mudah kita jumpai dan banyak sekali yang menjualnya, dan juga menjadi masakan rumahan. Ciri khas dari soto madura adalah memiliki campuran isi yang cukup banyak dibandingkan dengan soto jenis lainnya. Seperti adanya soun atau bihun, lalu juga ada irisan kol, toge, potongan telur rebus, dan juga suwiran daging ayam.
  • Soto Surabaya Yang Khas
Soto Surabaya
Soto Surabaya
Adanya penambahan koya kelapa yang di tumbuk lalu dimasukan ke kuah soto membuat kuah soto ini sedikit agak keruh dan sedikit menjadi gelap. Meskipun begitu, rasa gurih dari koya yang tercampur menjadi satu dengan kuah, dan tentu saja ini menghasilkan cita rasa kuah kaldu yang lezat.
  • Soto Kudus Mungil dan Nikmat
Soto Kudus
Soto Kudus
Ciri khas dari soto satu ini adalah terletak pada cara penyajiannya. Soto kudus ini biasanya disajikan didalam sebuah mangkuk dengan ukuran yang kecil.
  • Soto Banjar
Soto Banjar
Soto Banjar
Soto khas dari suku Banjar yang ada di Kalimantan Selatan ini akan sangat cocok jika dinikmati bersama dengan teman setianya yaitu makanan berasal dari kentang, perkedel. walaupun kuah soto Banjar ini berwarna bening, akan tetapi untuk rasa rempahnya sangatlah terasa. Apalagi jika dinikmati saat panas.

Demikianlah sedikit jenis Soto yang ada di indonesia yang saya bagikan di artikel saya kali ini, jika ada tambahan Jenis soto lainnya maka silahkan anda masukan kedalam komentar. Baca juga yah cara membuat Soto Lamongan darii saya.

Cara, Resep, Soto

0 komentar:

Post a Comment

 

About Us | Privacy Policy | Sitemap | Disclaimer | Contact Us

© 2011 Resep Cara Membuat - Designed by IDWebSolution | Support by : Jasa Like Facebook | Desain Terbaru | Paket Wisata Murah